oleh

Sat Pol Air Polres Tanjungbalai Kejar Kapal KM Pscifik 4GT 5

LINTAS SUMUT | TANJUNGBALAI –

Tim Regu I Sat Polair Polres Tanjungbalai AIPTU. Sarianto dan BRIPKA Joko S menggelar Patroli dan Polmas Perairan di wilayah perairan Tanjungbalai Asahan (TBA) dan lego jangkar di koordinat N 2º 59 ‘ 30.9818″, E  99º 49’ 42.4827″ Senin (21/6/2021) pagi sekira pukul 08.00 Wib.

Dalam kegiatan Patroli Perairan ke dua personil itu menggunakan Kapal Patroli KP. II- 1014 melakukan tugas pengawasan dan pemeriksaan terhadap kapal diduga membawa TKI ilegal, barang ilegal atau barang yang dilarang keluar /masuk melalui perairan Tanjungbalai.

Selanjutnya siang harinya sekira pukul 13.10 Wib kedua personil itu menggelar Polmas Perairan dengan  Public speaking, berupa Keselamata Berlayar agar terlebih dahulu memeriksa mesin, melengkapi dan membawa dokumen kapal serta melengkapi dan membawa alat-alat keselamatan berlayar seperti Jaket Pelampung, Ring boy, APAR dan Kotak P3K.

Kemudian Menjadi Mitra Polri dalam memelihara situasi Kamtibmas dengan memberikan informasi jika ada mengetahui pelanggaran atau ini kejahatan yakni TKI Ilegal yang keluar atau masuk dengan cara menumpang di kapal dan barang-barang illegal seperti Ballpress dan Narkoba.

Baca Juga :  Kartu Sikerja RHS Untuk Masyarakat Simalungun Yang Kurang Mampu Tidak Terealisasi

Sosialiasi Adaptasi Kebiasaan Baru tentang pencegahan penularan virus corona (Covid 19) kepada masyarakat awak kapal nelayan Kota Tanjungbalai agar tetap mentaati himbauan Pemerintah 5M tentang Protokoler Kesehatan seperti Memakai Masker yang benar, Menjaga Jarak 1,5 meter dari sesamanya, Mencuci tangan menggunakan Sabun dengan Air bersih mengalir, Menghindari Kerumunan dan Mengurangi mobilitas. Serta menerapkan pola makanan sehat dan istirahat yang teratur.

Ditengah pelaksanaan Polmas Perairan itu, Tim Regu I melakukan pengejaran satu unit kapal bernama KM Pacifik 4. GT 5 bermuatan seorang Nahkoda dan 6 orang anak buah kapal (ABK) yang datang dari arah Laut, diposisi/koordinat N  2º 59 ‘ 09.6874″ dan  E  99º 51’ 12.4472″.  Kapal itu Dapat dihentikan dan dilakukan pengecekan suhu tubuh awak kapal menggunakan alat Termo Scan.

Baca Juga :  Pemko Sibolga Selenggarakan Vaksinasi Booster Tahap III Bagi Pejabat Publik

Namun Nakhoda kapal bernama Irwan tidak dapat menunjukkan dokumen lengkap sehingga Tim Regu I memberikan peringatan dan himbauan untuk melengkapi dokumen serta menjaga keselamatan berlayar dan bekerja dilaut. Muatan kapal itu berupa piber berisi ikan basah dan tidak ada yang temukan barang- barang ilegal atau yang melanggar hukum.

“Selama pelaksanaan Patroli dan Polmas Air Sat Polair Polres Tanjungbalai itu situasi kamtibmas di wilayah hukum perairan Kota Tanjung Balai aman dan kondusif,”kata Tim Regu I Sat Polair Polres Tanjung Balai, AIPTU. Sarianto dan BRIPKA Joko S.
(R.regar)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

News Feed