oleh

Lanal TBA Gelar Coffee Morning Bersama Forkopimda 2 Daerah Sepakat Keruk Sungai Asahan

LINTAS SUMUT | TANJUNGBALAI

Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Balai Asahan (Lanal TBA) menggelar Coffee Morning bersama FORKOPIMDA Tanjung Balai dan Asahan, dalam rangka membahas pengerukan alur sungai Asahan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota Tanjung Balai dan masyarakat Kab. Asahan, Rabu (13/1/2021) sekitar pukul 08.00 Wib.

Selain Coffee Morning yang dilaksanakan di Gazebo Belakang Mako Lanal TBA, acara juga di isi dengan Tari selamat datang dari Sakabahari binaan Lanal Tanjung Balai Asahan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Asahan H Surya BSc, Walikota Tanjung Balai HM.Syahrial SH MH, Ketua DPRD Asahan H Baharudin Harahap SH MH, Ketua DPRD Tanjung Balai Tengku Eswin, ST, Dandim 0208/As Letkol Inf.Sri Marantika Beruh S Sos, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory,SE, Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH, Kepala Bea Cukai Teluk Nibung I Wayan Sapta, Dinas Perikanan diwakilkan, Direktur BUMD Tanjung Balai Muas Lubis dan Kasat Polair Polres Asahan AKP AR Kausar SH,

Dalam Sambutannya, Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, SE mengucapkan selamat datang kepada para tamu / undangan, yang sudah meringankan langkah, untuk menghadiri / menggelar giat diskusi ini, Sebutnya.

RH Etwiory SE juga menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya Coffee Morning pada pagi ini adalah untuk membahas tindak lanjut Pengerukan Sungai Asahan, sehingga di harapkan dengan Giat ini, para Forkopimda dari dua daerah dapat menghasilkan langkah langkah strategis dalam menyelesaikan pengerukan sungai asahan yang sudah sangat menghawatirkan / dangkal dan apabila tidak segera dilakukan pengerukan dapat berakibat bencana / Banjir “, Tegasnya.

Baca Juga :  BNNK Simalungun Adakan Bimtek Penggiat P4GN, di Hotel Atsari Parapat

Diakhir penjelasan nya, Pria berpangkat Letnan Kolonel ini mengaku, akibat dari pendangkalan sungai Asahan, kemungkinan besar membawa dampak buruk bagi mahluk hidup disekitarnya dan disamping itu juga mengakibatkan penumpukan material padat dialiran sungai Asahan yang dapat mencemari kualitas air sungai dan yang terancam bukan hanya kehidupan hewan dan tumbuhan air tetapi juga kehidupan manusia, Ucapnya.

” Material dibadan sungai juga akan mengurangi daya tampung sungai serta mengubah aliran alami sungai, sehingga dapat menimbulkan bencana seperti banjir, yang sudah sering menimpa daerah dialiran sungai Asahan “, Ungkap Danlanal TBA Latkol Laut (P) RH Etwiory SE menutup

Menanggapi yang disampaikan Danlanal, Bupati Asahan H Surya BSc mengaku,” Pemerintah Kabupaten Asahan sudah membuat Kesepakatan dengan Pemerintah Kota Tanjung Balai dalam mencari solusi pendangkalan Sungai Asahan “, Katanya.

Untuk itulah, sambung H Surya lagi, beberapa waktu yang lalu telah dilakukan kajian dengan menggandeng Universitas Sumatera Utara (USU) dalam melakukan kajian terkait sedimentasi di aliran sungai Asahan.

” Tindak lanjut dari pertemuan waktu itu juga telah dilakukan pertemuan di Aula Hotel Sabty (13/01/2020) yang dihadiri Kementerian LH dan Kehutanan RI, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat RI, Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Perhubungan RI, Pemkab Asahan dan Pemko Tanjung Balai “, Bebernya.

Baca Juga :  OTK Tewas Disambar Kereta Api di Lima Puluh

Dalam pertemuan waktu itu, telah diambil kesepakatan berdasarkan beberapa kajian antara lain dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat USU yang menyimpulkan bahwa timbulnya Sedimentasi di sepanjang sungai Asahan berkontribusi terhadap kerusakan lingkungan, yang berdampak layunya ekonomi dan problematika sosial serta banjir, sehingga pengerukan sungai Asahan sudah sangat mendesak.

“ Untuk itu pada kesempatan ini saya berharap antara Pemerintah Kabupaten Asahan dan Pemko Tanjung Balai apalagi didukung Forkopimda Kabupaten Asahan dan Tanjung Balai dapat menghasilkan Progres yang nyata demi terlaksananya Pengerukan Sungai Asahan dalam waktu dekat.” Pungkas H Surya BSc mengakhiri.

Pantauan di lapangan dengan ucapan selamat datang dari Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan, acara diskusi digelar dengan dipandu oleh moderator dengan ramah tamah, hingga acara Coffee Morning berakhir yang menghasilkan kesepakatan diantaranya untuk setiap Instansi terkait mendukung Pengerukan Alur Sungai Asahan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota Tanjungbalai dan Masyarakat Kab Asahan, sehingga Forkopimda Kabupaten Asahan dan Tanjung Balai sama sama menyampaikan dukungan terhadap rencana pengerukan sungai Asahan.

(RS.Siregar)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

News Feed

loading...