oleh

Mantan Honorer Disdukcapil Kota Binjai Beberkan Pungli Ke Ombudsman RI

LINTAS SUMUT | BINJAI –

Pungutan Liar (Pungli) yang selama ini terjadi di lingkungan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Binjai mencuat.

Persoalan yang menjadi antensi Presiden RI, Ir. Joko Widodo ini mencuat setelah 3 orang pegawai honor yang dipecat sepihak oleh Kadisdukcapil Binjai mendatangi kantor Ombudsman RI Perwakilan Sumut di Jl. Sei Besitang, Medan untuk melaporkan dugaan praktik pungli di tempat mereka bekerja sebelumnya, Senin (6/7).

Ketiga mantan honorer yang terpecat sepihak itu adalah Sri Siswati Purba, Syafrida Musriani dan Tri Etyasah.

Dihadapan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar, mereka secara blak-blakan mengungkapkan kejahatan yang terselubung, terstruktur, sistematis dan masif itu.

Pantauan di Kantor Ombudsman, kedatangan mereka awalnya ketiga wanita tersebut melaporkan tentang perlakukan yang mereka terima terkait pemecatan sepihak Kadisdukcapil, Tobertina Sitepu.

“Awalnya ada salah satu warga yang posting di media sosial bahwa jam 9 pagi kantor Disdukcapil kosong, belum ada pelayanan. Intinya postingan tersebut seperti ingin menjatuhkan Disdukcapil. Akibatnya rekan kami Ida (Syafrida Musriani) di rumahkan, dikait-kaitkan dengan postingan tersebut”, beber Sri Suswati Purba.

Kemudian, pada saat bulan Ramadan lalu, Sri bersama kedua rekannya berkumpul untuk buka puasa bersama. Dikesempatan itu, mereka sempat membahas tentang nasib honorer yang belum gajian. “Ternyata pembahasan itu sampai ke telinga Kepala Dinas, hingga akhirnya mereka dirumahkan tanpa alasan jelas”, lanjutnya.

Paparan Sri pun meluas hingga menyangkut praktik pungli di Disdukcapil yang diakuinya sangat diketahuinya. Apalagi dirinya memang berada di dalam lingkungan tersebut. Kata dia, ada berbagai pihak yang terlibat dalam praktik calo (Pungli) di Disdukcapil Binjai. Tak hanya sebatas honorer dan sipil, namun juga melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sementara, Abyadi Siregar Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar kepada wartawan mengatakan akan melakukan penyelidikan dan investigas terkait informasi maupun laporan mantan honorer Disdukcapil tersebut.

“Akan kita cek, jika benar akan kita teruskan ke pihak yang berwenang”, jelasnya. (Rahmad)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

News Feed

loading...