oleh

UINSU Wisuda Virtual, Rektor: Melek Digital Sebuah Keniscayaan

-BERITA, SUMUT-62 views

Lintas Sumut| Medan

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) pada sidang senat terbuka, menggelar wisuda secara virtual kepada 649 lulusannya.

Di depan layar monitor yang besar dihadapannya Rektor UINSU Prof. Saidurrahman MA hanya bisa menatap siswanya yang mewisuda diri sendiri.
Tanpa prosesi pemindahan tali toga apalagi berjabat tangan. Cukup hanya sekedar berbalas senyum.

“Wisuda konvensional tidak mungkin dilakukan karena melanggar protokol kesehatan yang telah ditetapkan dan harus dipatuhi. Tujuannya tentu saja agar kita dapat memutus mata rantai penyebaran covid 19, dan satu sisi wisuda adalah satu keharusan dan menjadi prasyarat bagi terbitnya ijazah, untuk selanjutnya diserahkan kepada seluruh wisudawan,” ujar Rektor UIN SU TGS Prof Dr H Saidurrahman MAg pada Wisuda Sarjana yang ke-73 UIN Sumatera Utara tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual, di Gedung Aula Kampus II UIN SU, Senin(29/6).

Dalam acara tersebut, hadir para Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, dekan se UINSU, MUI Sumut, Presiden Alumni UINSU, TGB Dr Syekh Ahmad Sabban Rajagukguk serta civitas akademika UINSU.

Dalam sambutannya, meski bentuknya berbeda, namun wisuda virtual ini tidak menghilangkan esensi bahkan kesakralannya.

Lewat Wisuda virtual ini, UINSU Medan ingin menunjukkan keberpihakannya kepada wisudawan dengan kondisi yang apapun, termasuk pandemi covid 19 ini tak menghalangi hak untuk memperoleh ijazah untuk selanjutnya digunakan apakah dalam rangka melanjutkan studi ataupun untuk mencari pekerjaan.

Rektor menyebutkan dalam kuliah daring mendapatkan banyak pelajaran berharga. Salah satu yang terpenting adalah, literasi digital atau melek digital menjadi sebuah keniscayaan.

Perkembangan ke depan, di semua ranah kehidupan baik itu sosial, ekonomi, politik, literasi digital menjadi satu keniscayaan. Artinya, jika ingin eksis di masa depan, kemampuan digital atau melek digital menjadi satu syarat.

“Jika tidak, kita tidak saja tertinggal tetapi tidak akan bisa berperan dan berkontribusi sama sekali. Apapun fakultas Anda, prodi dan bidang ilmu yang anda minati selama kuliah di UINSU Medan, maka mau tidak mau anda harus melek digital. Bukan hanya itu, anda juga harus memahami bahasa coding yang memang berlaku di dunia digital itu. Untuk menguasainya diperlukan usaha mandiri untuk belajar, mengikuti pelatihan ataupun sejenis workshop,” jelas rektor.

Sementara itu 649 wisudawan tersebar dalam 8 fakultas serta 1 Program Pascasarjana dengan rincian 45 orang dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 94 orang dari Fakultas Syariah dan Hukum, 176 orang Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 34 orang Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam, 178 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Bisnis, 2 dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS), 6 orang dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), 48 orang dari Fakultas Sains dan teknologi (FST), 63 orang untuk program pascasarjana. Dengan jumlah wisudawan ini, UIN SU telah mewisuda 49.624 alumni yang saat ini telah berkiprah di tengah-tengah masyarakat dalam berbagai kehidupan.

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

News Feed

loading...