oleh

Disela Jumat Bersih, WaliKota Sibolga Jelaskan Konsep Pasar Ikan Modern Kedepannya, Masyarakat Pedagang Ikan Dukung Sepenuhnya Pembangunan PIM.

-BERITA-1,092 views

LINTAS SUMUT | Sibolga

Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan, bersama TNI- Polri dan Forkopimda menggelar Jumat Bersih dengan melakukan bergotong royong dilokasi lahan Pembangunan Pasar Ikan Modern, di Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Jumat (11/11/22) pagi.

Disela kegiatan Jumat Bersih, Wali Kota Jamaluddin Pohan didampingi Danrem 023/KS Kolonel Inf. Dody Triwinarto, S.I.P., M.Han., mengungkap konsep dan fungsi yang terkait pembangunan Pasar Ikan Modern di Jalan KH Ahmad Dahlan untuk mengembangkan perekonomian dikota Sibolga dengan visi Sibolga Makmur.

Jamal menjelaskan, Pembangunan gedung Pasar Ikan Modern (PIM) Sibolga harusnya telah rampung hingga 180 hari kerja. Tetapi masih ada kendala sehingga mengalami keterlambatan. Pihak kontraktor diberi tenggat waktu hingga April 2023 untuk menyelesaikan proyek tersebut.

“Bila Pembangunan Pasar Ikan Modern ini telah selesai dibangun dan beroperasi, semua pedagang ikan yang di Jalan Balam akan kita dipindahkan ke dalam pasar, termasuk para pedagang yang selama ini berjualan di badan jalan. Selain pedagang ikan yang berjualan di lantai bawah, akan ada space (ruang) untuk pedagang kuliner khususnya di lantai atas,” jelas Jamal.

Jika nantinya semua pedagang ikan sudah dipindahkan ke dalam Pasar Ikan Modern Sibolga (PIM), maka Jalan KH Ahmad Dahlan akan kembali berfungsi sebagai jalan biasa dan bisa mengurangi kemacetan lalu lintas di Jalan Sisingamangaraja.

Selain itu, seluruh kendaraan yang masuk juga wajib melalui Jalan KH Ahmad Dahlan menuju Pelabuhan Sibolga dan keluar dari Jalan Sisingamangaraja.

Baca Juga :  Walikota Sibolga, H Jamaluddin Pohan Resmi Lantik Juneidi Tanjung Sebagai Pj Sekda Sibolga

Wali Kota Jamal juga mengapresiasi dukungan semua pihak, terutama unsur Forkopimda Sibolga dan masyarakat yang bersinergi bersama Pemko Sibolga dalam mewujudkan pembangunan.

“Tentunya, saya sebagai Wali kota, kalau tak bersinergi dengan semua pihak tak akan mungkin bisa membangun kota ini,” katanya.

Dia menjelaskan, mulai hari itu juga pihaknya sudah mulai melakukan pembersihan dan meratakan lokasi pembangunan Pasar Ikan Modern Sibolga.

“Kita hari ini bersama Pak Danrem dan Kapolres, Pak Dandim, Kepala Pengadilan juga hadir pada kegiatan Jumat Bersih, sekaligus pembersihan lahan untuk pembangunan Pasar Ikan Modern yang akan kita bangun di sini,” kata Jamal.

Pihaknya juga memberi kesempatan satu hari kepada pengusaha UD Budi Jaya untuk keluar dari lokasi proyek tersebut.

“Kita kasih waktu sama mereka 1 hari dan besok harus keluar, kalau memang dia merasa memiliki, ya, kita persilakan mengadu ke pengadilan,” ujar Jamal.

Jamal kemudian mengajak pedagang untuk menjaga ketertiban bersama, jika gedung Pasar Ikan Modern tersebut sudah beroperasi, jangan ada lagi pedagang ikan yang berjualan di luar gedung atau di badan jalan nantinya.

“Supaya kita sama-sama bisa menjaga kebersihan dan ketertiban. Itulah yang kita harapkan dari pedagang kedepannya” katanya.

Sementara itu, pedagang ikan Jalan Balam, Abdul Hakim Situmeang, menyatakan siap mengawal pembangunan Pasar Ikan Modern yang sedang dibangun Pemkot Sibolga.

Baca Juga :  Peringati Hari Bhayangkara ke 78, Kapolres Sibolga Buka Turnamen E-Sport Kapolres Cup

“Kami para pedagang mengucapkan terima kasih kepada Pemko Sibolga membangun pasar ikan modern di lokasi ini. Sebab, keberadaan pasar ikan ini nantinya dapat kami manfaatkan untuk berjualan,” kata Abdul Hakim.

Hal senada disampaikan pedagang ikan lainnya, boru Simarmata, bahwa keberadaan bangunan pasar ikan modern tersebut adalah impian para para pedagang ikan yang selama ini terpaksa berjualan di badan jalan.

“Umur saya sekarang sudah 62 tahun, dan saya sudah 15 tahun berjualan ikan di kawasan ini. Tolonglah kami pak, pasar ikan ini adalah impian kami. Karena kami berharap bisa berjualan di pasar ikan ini nantinya,” ujar boru Simarmata.

“Kami menyampaikan dukungan kepada Pemko Sibolga atas pembangunan Pasar Ikan Modern di lokasi ini untuk kepentingan masyarakat. Terlepas dari segala persoalan yang ada saat ini, kami pun tidak bermaksud ikut campur,” tegasnya.

Menurut dia, selama ini sebagian pedagang di Pasar Ikan Mina Nauli di Jalan KH Ahmad Dahlan terpaksa berjualan hingga ke badan jalan, karena pasar tersebut lokasinya terlalu sempit dan terbatas. Akibatnya, arus lalu lintas jadi macet dan semrawut.(ded)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar