oleh

CCEP Indonesia, Bank Sampah Induk New Normal Bersama Pemerintah Kota Medan Apresiasi Peran Penggiat Pengelolaan Sampah Berbasis Kemasyarakatan

Lintas Sumut | Medan-

Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia), Bank Sampah Induk New Normal, Yayasan Nuansa Alam Indonesia serta didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan menggelar acara Apresiasi Tahunan, Publikasi dan Pertemuan Bank Sampah dengan para pelaku pengelolaan sampah berbasis masyarakat se-Kota Medan.

Kegiatan tersebut Berlangsung di Bank Sampah Induk New Normal, Jalan Setia Budi Pasar 1, Kota Medan, acara ini mengusung tema “Dukung Pengelolaan Sampah Melalui Bank Sampah Menuju Sirkular Ekonomi”, pada Selasa (24/01/23).

Yasra Al-Fariza selaku Direktur Bank Sampah Induk New Normal dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya acara ini adalah sebagai ajang silaturahmi dan menyamakan persepsi dalam mencari solusi penanganan sampah.

“Selain itu acara ini juga bertujuan untuk membakar semangat semua orang untuk dapat berperan dalam pengelolaan sampah secara masif, menumbuh kembangkan kepercayaan masyarakat dengan melakukan pemilahan sampah dari sumbernya karena memiliki banyak manfaat yang dihasilkan, terutama dari sisi ekonomi, sosial-budaya, kesehatan dan lingkungan hidup,” ucapnya.

Yasra menambahkan, kegiatan ini juga merupakan sebuah bentuk ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang ikut berperan dalam pengelolaan sampah.

“Apa yang kami laksanakan pada hari ini adalah bentuk terima kasih dan penghargaan bagi masyarakat yang sudah berperan aktif dalam pengelolaan sampah. Kami sadar apa yang kami lakukan saat ini masih jauh dari yang diharapkan. Namun setidaknya, hal ini dapat menjadi motivasi untuk kita semua. Paparan publikasi yang kami sampaikan merupakan wujud transparansi pengelolaa sampah yang kami lakukan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan nasabah terhadap pengelolaan tabungan sampah dari hasil penyetoran sampah yang dilakukan,” jelasnya.

Baca Juga :  Diduga Dibunuh, Seorang Supir Ditemukan Tidak Bernyawa di Dalam Gorong-Gorong

Sementara itu, Corporate Affairs Manager, Northern Sumatera Operation CCEP Indonesia, Angga Harahap menyampaikan, bahwa pada kesempatan kali ini, pihaknya dan stakeholder lainnya akan memberikan apresiasi kepada para kelompok bank sampah.

“Pada kesempatan ini CCEP Indonesia, Bank Sampah Induk New Normal, dan Yayasan Nuansa Alam Indonesia serta melalui dukungan Pemerintah Kota Medan, melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, akan memberikan apresiasi kepada para kelompok bank sampah unit, para nasabah dan kelompok-kelompok kreasi daur ulang sampah,” tuturnya.

Angga menambahkan, bahwa dengan apresiasi yang diberikan ini dapat memberikan energi, semangat baru, dan dapat meningkatkan rasa percaya diri berbagai pihak terhadap upaya-upaya kepedulian lingkungan hidup yang sudah dilakukan bersama.

Dirinya juga Kembali menyatakan, bahwa Langkah yang dilakukan perusahaan merupakan wujud kepedulian CCEP Indonesia akan komitmen terhadap inisiatif-inisiatif berkelanjutan yang tertuang pada kampanye program This is Forward .

“This is Forward berfokus pada 6 aspek yaitu, Climate (Iklim), Packaging (Kemasan), Drinks (Minuman Rendah Kalori), Water (Pengelolaan Air), Society (Pemberdayaan Komunitas) dan Suppy Chain (Rantai Pasokan Berkelanjutan). Tentu, kami tidak henti-hentinya mengajak peran serta seluruh pemangku kepentingan demi terwujudnya komitmen pada keenam pilar tersebut,” pungkasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, dr. Suryadi Panjaitan, Sp.PD, mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Bank Sampah Induk New Normal dan CCEP Indonesia dalam upaya pengelolaan sampah di Kota Medan yang melibatkan masyarakat untuk mengurangi beban di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Baca Juga :  Pj. Bupati Tapteng Serahkan LKPD T.A 2023

“Mengingat tingginya timbulan sampah di Kota Medan, perlu penanganan serius yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan sehingga permasalahan sampah dapat teratasi, antara lain melalui peran serta kelompok-kelompok bank sampah yang juga dapat mewujudkan circular economy,” ujarnya.

Dari hasil penilaian yang dilakukan panitia, 11 pemenang terpilih yang berasal dari 3 kategori. Kategori Bank Sampah Unit Terbaik jatuh kepada Bank Sampah Unit Puri Zahara, Bank Sampah Unit SOS Children Village terpilih sebagai Juara II dan Bank Sampah Bunda Ceria keluar sebagai Juara III. Sedangkan untuk Kategori Nasabah Bank Sampah Induk New Normal Terbaik yaitu Tengku Asma Zatun Matubin sebagai Juara I, Devi Puspita sebagai Juara II, dan Kamariansyah sebagai Juara III. Selain itu, pemenang Lomba Inovasi dan Kreasi Daur Ulang Sampah yaitu Tri Nita Apriyani sebagai Juara I, Rohayati sebagai Juara II, Wildani Tanjung sebagai Juara III, Endang Puji Astuti sebagai Juara Harapan I dan Sri Rahayu sebagai Juara Harapan II.

Semua pemenang dalam kegiatan appresiasi ini mendapatkan dana bantuan pengembangan pengelolaan sampah, piala, piagam dan souvenir hasil kreasi daur ulang sampah.   (Rj Samosir)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar