oleh

BUMA PT Lanny Inabua Milik OAP Akan Menjadi Keran Ekonomi Berbasis Adat

Papua, Lintassumut |

Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Papua  Jan Jap L. Ormuseray mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua saat ini sedang terus berupaya untuk melatih dan mendidik Orang Asli Papua (OAP) agar menjadi Pengusaha di berbagai bidang usaha seperti dunia bisnis pengelolaan Perkayuan.

Hal ini disampaikan Jan Jap L. Ormuseray saat menerima Staf Ahli Utama Kantor Staf Presiden Dr Lenis Kogoya MHum bersama Manager PT Lanny Inabua Lepanus Janengga SE, Selasa (11/08/2020) di kantor Dinas Kehutanan Provinsi Papua di Jayapura.

“Saat ini PT Lanny Inabua telah bisa mengeksport kayu olahan perdana dan usaha ini tentu akan membuka lapangan pekerjaan bagi Orang Asli Papua. Pemerintah akan membuka pelatihan di bidang Perkayuan agar Papua dapat menjadi Agen Perubahan. Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Kalau bukan kita, siapa lagi?” kata Jan Jap L. Ormuseray.

Disampaikannya, Dinas Kehutanan Provinsi Papua akan terus mendorong Orang Asli Papua agar mampu mengelola Sumber Daya Alamnya sendiri. Contohnya PT Lanny Inabua yang berarti “Mengasihi Orang Miskin”. Dengan berdirinya Perusahaan ini diharapkan dapat menjadi contoh dan mempengaruhi Orang Asli Papua lainnya agar termotivasi untuk menjadi Pengusaha.

Baca Juga :  Selama 20 Hari, Satreskrim Ungkap 31 Kasus 3C dan Judi

Ditempat terpisah manager marketing PT Lanny Inabua Darmawan yang sedang berada di kota jakarta ketika dihubungi awak media menegaskan saya kira sudah sangat jelas bahwa Perhatian dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah daerah dalam hal ini Provinsi Papua sedang giat-giatnya mendorong Kapasitas pemberdayaan Pengusaha Orang Asli Papua, saya sangat berharap adanya harmonisasi dengan Pemerintah dan tentunya akan meningkatkan pendapatan dalam segi pajak.”Tegas Darmawan.

Sementara itu, Lenis Kogoya bersyukur atas respon Gubernur Papua Lukas Enembe melalui Kepala Dishut Provinsi Papua yang telah mensupport Orang Asli Papua untuk menjadi Pengusaha di tanahnya sendiri.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur, karena akhirnya PT Lanny Inabua ini, sekalipun ditengah-tengah Pandemi Covid-19, tapi masih bisa mengeksport Kayu olahan perdana dan pemprov papua memberikan jalan kepada PT Lanny Inabua ( Milik Orang Papua Asli ) untuk ikut bersaing dalam usaha kayu didunia. Bisnis Kayu olahan, yang sah dan Legal, nantinya ini akan menjadi hal yang  positif terhadap orang asli papua yang mempunyai arti orang papua  dibina kasih  jalan pasti bisa bersaing. Di dunia  pebisnis kayu  dan  dalam hal apa saja, jadi janganlah sekali-kali  pesimis, tetap optimis bahwa kita bisa, mengejar Visi dan Misi pemerintah. Provinsi papua yaitu papua mandiri sejahtera.”Ucap Lenis Kogoya.

Baca Juga :  Personil Polsek Kualuh Hulu Tangkap Dua Pelaku Curas Dan Pungli, Satu Pelaku Di Tembak

Lenis Kogoya berharap Orang Asli Papua jangan lagi minder untuk berusaha, tetapi mulailah belajar menjadi Pengusaha agar dapat membangun Bumi Cenderawasih ini ke arah yang lebih baik sehingga mewujudkan Visi dan Misi Presiden RI Joko Widodo melalui Gubernur Papua Lukas Enembe yaitu “Papua Mandiri”.

“Jikalau kita maju bersama Pemerintah, maka kita pasti bisa. Badan Usaha Milik Adat (BUMA) ini akan membuka keran kebangkitan ekonomi berbasis Adat. Ke depannya, masyarakat Adat akan mampu menghidupkan ekonominya secara mandiri. Mari kita tingkatkan pendapatan ekonomi Orang Asli Papua menuju Papua yang Sejahtera,” tandasnya.

Penulis : Panus Tipakau

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

News Feed

loading...