oleh

Serah Terima Hibah Serta Pemusnahan Barang Milik Negara

Lintas Sumut | Belawan –

Bea dan cukai melakukan serah terima Hibah barang yang menjadi milik negara serta pemusnahan bersama atas barang milik negara (BMN) di halaman kantor Bea dan Cukai Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara (03/12/20).

Penyerahan Hibah serta Pemusnahan tersebut dihadiri Kakanwil DJBC Sumut Oza Olavia, perwakilan Kodam I BB, Polda Sumut yang di Wakili Wakapoldasu Brigjen Dadang Hartanto, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP M Dayan, perwakilan Lantamal I, Dir Polairdasu Kombes Roy Sihombing Bupati Batubara, Bupati Dairi dan Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis serta sejumlah instansi terkait lainnya.

Hibah Barang Yang Menjadi Milik Negara

Direktorat Jendral Bea dan Cukai dan Direktor Jendral Kekayaan Negara atas nama Menteri Keuangan melakukan proses peruntukan Hibah Barang yang menjadi milik negara melalui persetujuan Direktor Pengelola Kekayaan Negara dan sistem informasi nomor S-244/MK.06/KN.05/2020 tanggal 16 november 2020.

Hal persetujuan hibah barang yang menjadi milik negara pada KPPBC TMP Belawan kepada pemerintah kabupaten batu bara yang bersinergi dengan kepolisian daerah profinsi sumatera utara dan komando daerah militer I / Bukit Barisan untuk mendistribusikan beras hibah dan pemerintah kabupaten Dairi serta Yayasan pesantren Al Kautsar Al Akbar.

Baca Juga :  Wali Kota T.Balai Terima Audiensi Penjabat Rektor Universitas Asahan

Dengan rincian, Pemerintah kabupaten Batu Bara 7.425 Bags Beras, Pemerintah kabupaten Dairi 2.000 Bags Beras dan Yayasan Pesantren Al Kautsar Al Akbar 1.000 Bags Beras. Adapun perkiraan nilai wajar dari beras yang dihibahkan adalah sebesar Rp 1.824.375.000.

Dalam rangka menjalankan tugas dan fungsinya di bidang kepabeanan, Bea Cukai senantiasa berkoordinasi dan bekerja sama dengan instansi terkait antara lain TNI, Polri, Kejaksaan, Karantina, danDinas Perindustrian dan perdagangan.

Pemusnahan Bersama Barang Milik Negara (BMN)

Selanjutnya, Dalam rangka menjalankan salah satu fungsi Direktorat Jendral Bea dan Cukai, yaitu perlindungan masyarakat dari masuknya barang impor ilegal dan peredaran barang kena cukai, Kantor Bea dan Cukai Belawan, KantorBea dan Cukai Medan, danKantor Bea dan Cukai Kuala tanjung, melaksanakan pemusnahan bersama atas barang milik negara (BMN) hasil penindakan kepabeanan dan cukai yang dilaksanakan oleh petugas Bea dan Cukai yang bersinergi dengan TNI, Polri, Kejaksaan, Pemda, danMasyarakat.

Baca Juga :  Yonmarhanlan I Belawan Melaksanakan Apel Gabungan Di Lantamal I

Barang yang dimusnakan merupakan barang milik negara yang telah mendapat persetujuan pemusnahan dari Direktorat Jendral Kekayaan Negara. Barang Impor, 847 Bale Balepress (pakayan bekas, tasbekas, sepatu bekas), 601 pkgs Obat-obatan, Alat kontrasepsi, kosmetik, pakaian, dan 246 pcs Pestisida, Compressor, Sparrpartmotor, AirSoftgun dan Sparepartnya. Barang kena cukai, 2.532.000 batang Rokok Illegal, dan260 botol MMEA atau minuman keras Illegal.

Total perkiraan nilai barang Rp 2,6 Milyar, Potensikerugian negara. Pemusnahan Barang milik negara ini merupakan hasil penindakan diwilayah kerja kantor Bea dan Cukai Sumatera utara.

 

Rj Samosir

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

News Feed

loading...