oleh

PAC PDI-P Belawan Bersama Komunitas Eco Enzyme Nusantara Berkolaborasi Mensosialisasikan Manfaat Dan Pembuatan Eco Enzyme

Lintas Sumut | Belawan –

Keluarga besar PAC PDI Perjuangan Belawan bersama Komunitas Eco Enzyme Nusantara, Sosialisasikan Manfaat dan Pembuatan Eco Enzyme di Lingkungan 18 Kelurahan Belawan Sicanang, Sabtu(04/12/21).

Kegiatan sosialisasi ini dipandu oleh moderator Siti Rahma yang juga selaku dewan pengarah BMI Belawan, Dan dihadiri Pengurus PAC PDIP Belawan Maju Hinsa Lumbanraja, Pengurus BMI Belawan Rusmiyono, serta tim komunitas Eco Enzyme Nusantara Jenny.

Dalam sambutannya, Pengurus PAC PDIP Belawan yang diketuai Maju Hinsa Lumbanraja mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang hadir dikegiatan sosialisasi Eco Enzyme serta bertrimakasih pada tim komunitas Eco Enzyme yang telah berbagi pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sama halnya Jenny mewakili tim Eco Enzyme Nusantara juga mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang telah menghadiri kegiatan sosialisasi pemanfaatan Eco Enzyme yang bertujuan untuk melestarikan bumi indah lestari kita. Jenny juga menerangkan Sistem dan cara pembuatan Eco Enzyme tersebut.

Baca Juga :  Wujudkan Aman dan Selama Libur Lebaran, Kapolres Simalungun Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

“Eco Enzyme berasal dari bahan bahan organik sisa dari kulit buah buahan dan sayuran serta air dan gula merah cair. Rumus komposisi bahan pembuatan eco enzym yakni 1-3-10 yakni 1 Kg gula merah cair, 3 Kg kulit buah buahan maupun sayur dan 10 liter air.

Keseluruhan bahan dicampur dalam wadah besar kemudian ditutup rapat selanjutnya disimpan selama 90 hari atau 3 bulan. Setelah 3 bulan lamanya disimpan, barulah cairan eco enzym dapat dimanfaatkan untuk pupuk cair sedangkan ampas dari eco enzym digunakan sebagai pupuk kompos.

Baca Juga :  WaliKota Sibolga Bersama Kejari Tandatangani Kesepakatan MoU Kerjasama

Cairan Eco Enzym juga dapat sebagai desinfektan mencegah kuman penyakit dapat mengendapkan bahteri dan jamur jamur dalam wadah air. Bisa sebagai bahan air bersih untuk minum dan desinfektan untuk penyakit gatal-gatal dan kutu air,” jelas Jenny.

Dihadapan masyarakat yang hadir, sosialisasi pembuatan dan manfaat Eco Enzyme diperagakan langsung oleh para tim relawan Eco Enzyme Nusantara, Serta tim relawan juga membagikan sekitar 988 botol Eco Enzyme kepada masyarakat. (Rj Samosir)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

News Feed