oleh

Keyakinan Pasar Angkat Rupiah ke Rp14.865 per Dolar AS

Lintas Sumut.com | Ekonomi,

Nilai tukar rupiah berada di level Rp14.865 per dolar AS pada Rabu (13/5). Posisi ini menguat 40 poin atau 0,27 persen dari Rp14.905 per dolar AS pada Selasa (12/5).

Sementara kurs referensi Bank Indonesia (BI), Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah di posisi Rp14.887 per dolar AS atau menguat dari Rp14.978 per dolar AS pada Selasa (12/5).

Rupiah memimpin penguatan mata uang Asia lain dari dolar AS. Penguatan mata uang Garuda diikuti baht Thailand 0,23 persen, yen Jepang 0,12 persen, dan peso Filipina 0,11 persen.

Lalu, won Korea Selatan menguat 0,09 persen, rupee India 0,05 persen, ringgit Malaysia 0,04 persen, dan dolar Singapura 0,01 persen. Sementara dolar Hong Kong stagnan dan hanya yuan China yang melemah 0,15 persen dari mata uang Negeri Paman Sam.

Baca Juga :  Diwarung Bakso 2 Warga Bagan Asahan Ditangkap Sat Res Narkoba Polres T.Balai

Begitu pula dengan mata uang utama negara maju, mayoritas menguat dari dolar AS. Rubel Rusia menguat 0,2 persen, dolar Kanada 0,2 persen, poundsterling Inggris 0,09 persen, dan dolar Australia 0,07 persen. Hanya franc Swiss yang melemah 0,14 persen, euro Eropa minus 0,07 persen.

Analis Asia Valbury Futures Lukman Leong mengatakan pergerakan positif mayoritas mata uang Asia terjadi karena berbaliknya sentimen kekhawatiran pelaku pasar keuangan terhadap pandemi virus corona atau Covid-19. Menurutnya, pelaku pasar yang semula pesimis kini mulai optimis dengan penanganan corona karena kebijakanlockdown akan menggerakkan lagi roda ekonomi.

Baca Juga :  Disebuah Rumah Sat Res Narkoba Polres T.Balai Amankan TSK Jul

“Jadi ada rebound sentimen dan mempengaruhi teknikal. Bursa saham dan mata uang, khususnya di negara berkembang jadi berbalik positif,” ucapnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (13/5).

Di sisi lain, belum ada rilis data ekonomi baru pada pekan ini, sehingga tidak menekan pelaku pasar. Ia pun melihat penguatan mata uang Asia bisa berlanjut pada esok hari.
(cnn/ls1)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

News Feed

loading...