oleh

Kabar Gembira…!!! Pemerintah Kembali Salurkan Bantuan BLT UMKM (Banpres PUM) Tahap Ke-3 Sebesar Rp 1,2 juta Tahun 2021

Lintassumut.com – Kabar Gembira…!!! Program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau BLT UMKM 2021, kini akan mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp 1,2 juta untuk peningkatan usaha.

Bantuan ini sebagai upaya untuk membantu mengurangi dampak pandemi covid-19 bagi pengusaha UMKM seluruh Indonesia.

Hal itu berdasarkan pengumuman informasi terbaru BPUM/UMKM yang disampaikan melalui akun instagram resmi @KemenkopUKM, Sabtu (10/04/2021).

“Halo #SobatKUKM yang pasti sudah nggak sabar menunggu informasi program Banpres Produktif untuk pelaku usaha mikro.

Hal ini diinformasikan kalau pelaksanaan program tersebut sudah mulai dapat diakses. Berikut langkah-langkah untuk mengecek BLT UMKM 2021 :
– Klik laman https://eform.bri.co.id/bpum
– Isi nomor KTP
– Masukkan jawaban hitungan matematika untuk proses verifikasi
– Klik proses inquiry
– Selanjutnya, akan keluar pemberitahuan apakah Anda berhak mendapat bantuan atau tidak.

Baca Juga :  Setelah Memberitakan RS Mitra Medika, Wartawan Diancam, BPC Laporkan Pengancam Ke Polres

Kabar terbarunya, usulan baru calon penerima bantuan sudah dapat diajukan ke dinas yang membidangi koperasi dan UMKM kabupaten/kota masing-masing.”

Sementara itu, pemerintah memberikan bantuan UMKM Rp 2,4 juta, kini menjadi Rp 1,2 juta berkurang hingga 50 persen. Hal ini mengingat keterbatasan dana anggaran yang dimiliki pemerintah.

“Menteri Teten Masduki mengatakan anggaran tahun ini bakal beda berdasarkan rapat dengan Komisi VI DPR RI yang disetujui 12,8 juta penerima. Untuk besarannya Rp 1,2 juta bukan Rp 2,4 juta,” kata Teten Masduki.

Baca Juga :  Masyarakat Dan Kepling Didampingi PAC FBI Belawan Meminta Judi Ketangkasan Ditutup

Selain anggaran yang dipotong, pemerintah juga menambah lembaga penyaluran. Dimana sebelumnya hanya melalui BNI dan BRI, kini ditambah Bank Mandiri, Bank Pembangunan Daerah (BPD), dan POS Indonesia.

Bantuan tersebut merupakan tahap ke-3 yang dilaksanakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Kementerian Keuangan.

Jika sebelumnya penerima BLT UMKM mendapat bantuan sebesar Rp2,4 juta pada 2020, kini berkurang menjadi Rp1,2 juta untuk setiap pelaku UMKM. Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Koperasi dan UKM No 2/2021.(R12)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

News Feed