Please set up your API key!

Lintas Sumatera Utara

Walikota T.Tinggi Segera Terbitkan Himbauan Pengunaan Alat DAMKAR

November 09
20:37 2017

Petugas Damkar Pemko Tebingtinggi saat melakukan pemeriksaan ( doc ; lintassumut.com )

Petugas Damkar Pemko Tebingtinggi saat melakukan pemeriksaan ( doc ; lintassumut.com )

Tebingtinggi | lintassumut.com – Walikota Tebingtinggi , H Umar Zunaidi Hasibuan segera terbitkan himbauan penggunaan alat pemadam kebakaran ( Damkar ) salah satunya tabung racun api.

Selebaran Walikota Tebingtinggi bernomor 331.1/ 0340/ Pol PP -TT berisikan himbauan kepada instansi pemerintah, kantor-kantor swasta / BUMN / BUMD/ Perusahaan Swasta/ Gedung Pertemuan/ Losmen / Café/ Tempat Hiburan.

Selain itu juga  Rumah Toko/ Rumah Sakit/ Sekolah/ Rumah Ibadah/ Perbengkelan/ Pergudangan/ SPBU/ Pabrik/ Kilang dan lainnya untuk memfasilitasinya dengan tabung racun api.

“ Pemilik tabung racun api, agar memeriksakan dan membayar restribusi kepada Satuan Polisi Pamong Praja melalui bidang Pemadam Kebakaran ( Damkar ) “ ujar Guntur Harahap kepada lintassumut.com saat di temui di ruang kerjanya, Kamis ( 9/11/2017 ).

( doc ; lintassumut.com )

( doc ; lintassumut.com )

Dasar hukum penggunaan alat pemadam kebakaran ( Damkar ) salah satunya tabung racun api seperti penjelasan Undang Undang Nomor :  23 tahun 2004, tentang Pemerintah Daerah dan Undang Undang Nomor :  28 tahun 2009 , tentang Pajak Daerah dan Restribusi Daerah ( pasal 110 – huruf h ).

Katanya lagi, juga diatur dalam Permen PU nomor 20/PRT/M/2009, tentang pedoman tekhnis manajemen proteksi kebakaran di perkotaan ( pasal 6 ayat 1,2 ), Permen Nakertrans Nomor 04/1980 tentang syarat pemasangan dan pemeliharaan alat pemadan kebakaran ringan serta Peraturan Daerah ( Perda ) Kota Tebingtinggi nomor 06 tahun 2011 tentang Retribusi Daerah.

“ Dalam Peraturan Menteri  Nakertrans pada salah satu pasalnya ada diatur bahwa setiap alat pemadam api ( kebakaran ) ringan harus di periksa dua kali dalam setahun dalam jangka 6 bulan dan dalam jangka 12 bulan dan apabila di temukan cacat pada alat pemadam api , wajib diganti “ terang Guntur.

Dikatakannya juga dalam setiap pemeriksaan dan penggantian tabung racun api, pemilik atau pengguna akan di kenakan retribusi sesuai dengan tarif yang di tetapkan dan ada tiga jenis tabung api ukuran 3 kg, ukuran 6 kg, ukuran 9 kg dan 15 kg. Pihak Pemko Tebingtinggi tidak menyediakan tabung racun api.

“ Ukuran 9 kg dan 15 kg sering digunakan pabrik dan SPBU dan untuk ruko serta rumah tinggal minimal harus menyiapkan  2 tabung racun api dan tabung racun api disediakan oleh pemilik gedung dan untuk pengisian pihak Pemko menggunakan jasa pihak ketiga” ujar Guntur.

Ditegaskannya, penyediaan, pemeriksaan dan pengisian ulang tabung racun api, bukan di buat – buat karena sudah ada peraturan yang mengatur semua, pihak Sat Pol PP Kota Tebingtinggi hanay menjalankan peraturan tersebut.

Dikatakan juga oleh Guntur Harahap, untuk menepis rumor yang berkembang di masyarakat, pihak Satuan Polisi Pamong Praja selalu mendampingi petugas Pemadam Kebakaran dan dilengkapi surat perintah dan akan di kenakan retribusi, selian itu setiap pembayaran tetap di sertakan kwitansi tanda terima pembayaran. ( Met )

 

 

 

About Author

lintassumut

lintassumut

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

IKlan Layanan Masyarakat

Kata _ Kata Bijak Hari Ini

“Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.” [Bung Karno, Pidato HUT Proklamasi]

Kategori