Please set up your API key!

Lintas Sumatera Utara

Gempa di Perbatasan Irak-Iran, Tewaskan Lebih 145 Warga

 Breaking News
November 13
19:00 2017
Gempa Hebat Guncang Perbatasan Irak - Iran ( doc : Ist )

Gempa Hebat Guncang Perbatasan Irak - Iran ( doc : Ist )

Baghdad  – Gempa berkekuatan 7,3 skala Richter (SR) melanda wilayah perbatasan antara Iran dan Irak pada Ahad (12/11/2017). Gempa tersebut menewaskan sedikitnya 145 orang dari dua negara tersebut.

Juru Bicara Organisasi Penanggulangan Bencana Nasional Iran, Behnam Saeedi mengatakan, sedikitnya 141 orang tewas di Iran. ” Regu penyelamat mencari puluhan orang yang terperangkap di bawah reruntuhan. Lebih dari 850 terluka,” katanya, Senin, (13/11/2017).

Gempa tersebut dirasakan di beberapa provinsi di Iran namun provinsi yang paling parah terkena adalah Kermanshah, yang mengumumkan tiga hari berkabung. Lebih dari 97 korban berada di kota Sarpol-e Zahab di Kermanshah, sekitar 15 km dari perbatasan Irak.

Rumah sakit utama di kota itu rusak parah dan berjuang untuk merawat ratusan orang yang terluka. Pejabat kesehatan Kurdi mengatakan setidaknya empat orang tewas di Irak dan setidaknya 50 lainnya cidera.

Survei Geologi AS menyatakan bahwa gempa tersebut berkekuatan 7,3 skala Richter. Seorang pejabat meteorologi Irak menyebut gempa berskala 6,5 SR dengan pusat gempa di Penjwin di provinsi Sulaimaniyah di wilayah Kurdistan yang dekat dengan perbatasan utama dengan Iran.

“Malam membuat sulit bagi helikopter untuk terbang ke daerah-daerah yang terkena dampak dan beberapa jalan juga terputus. Kami khawatir dengan desa-desa terpencil,” ujar Menteri Dalam Negeri Iran Abdolreza Rahmani Fazli.

Banyak rumah di daerah perdesaan di provinsi ini terbuat dari batu bata lumpur dan diketahui mudah runtuh di Iran yang rawan gempa. Angkatan bersenjata Iran telah dikerahkan untuk membantu layanan darurat.

Gempa ( doc : Illutrasi )

Gempa ( doc : Illutrasi )

Belum diketahui apakah ada warga negara Indonesia yang menjadi korban akibat gempa tersebut. Saat ini, Kementerian Luar Negeri masih mengecek apakah ada WNI yang menjadi korban. “Masih kami cek dulu,” kata Juru Bicara Kemenlu Arrmanatha Nasir, saat dihubungi Senin (13/11/2017) pagi.

Getaran akibat gempa juga dilaporkan dirasakan hingga Pakistan, Lebanon, Kuwait dan Turki, seperti dilaporkan kantor berita masing-masing negara.

Korban jiwa dikhawatirkan terus bertambah. Sebab, pengiriman bantuan turut mengalami kendala setelah jalan menuju lokasi yang terdampak gempa tertutup tanah longsor.  ( sumber : Reuters )

 ( editor : R.01 )

About Author

lintassumut

lintassumut

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

Kata _ Kata Bijak Hari Ini

“Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.” [Bung Karno, Pidato HUT Proklamasi]

Kategori