Please set up your API key!

Lintas Sumatera Utara

Saluran Selokan di Kota Tebingtinggi Buruk

Saluran Selokan di Kota Tebingtinggi Buruk

Oktober 25
21:52 2017
Bila turun hujan deras, beberapa kawasan padat penduduk di Kota Tebingtinggi acap kali digenangi air seperti pada Selasa 24/10/2017, petang. ( doc : lintassumut.com )

Bila turun hujan deras, beberapa kawasan padat penduduk di Kota Tebingtinggi acap kali digenangi air seperti pada Selasa 24/10/2017, petang. ( doc : lintassumut.com )

Tebingtinggi | lintassumut.com – Bila turun hujan deras,  beberapa kawasan padat penduduk di Kota Tebingtinggi acap kali digenangi air, selain itu menyebarkan bau tidak sedap.

 Di perkirakan ribuan meter saluran selokan  di  kawasan  inti kota dan di beberapa wilayah kecamatan lainnya di kota ini dinilai  buruk. Beragam jenis sampah yang menyumbat saluran juga ikut memperparah kondisi di sekitarnya.

Seyogianya, selokan berfungsi untuk mengalirkan air dari permukaan jalan pada saat hari hujan namun faktanya air comberan menggenangi jalan dan halaman rumah warga.

Banyak selokan dan gorong-gorong di sejumlah kawasan di Kota Tebingtinggi sepertinya tidak di rawat dengan baik. Genangan air kotor dari parit setiap kali hujan turun tetap mengancam warga.

Selain di padati dengan sampah, tidak sedikit selokan di Kota Tebingtinggi berisi endapan pasir dan bebatuan  ( sedimen… red ), lemahnya koordinasi antar instansi terkait dengan instansi yang di beri tugas merawat dan menjaga kebersihan selokan memberi andil dalam memperburuk kondisi yang ada.

Akibat guyuran hujan pada,  Selasa ( 26/10/2017 ) sejak sore sebahagian besar kawasan Kota Tebingtinggi di guyur hujan lebat, dan dalam hitungan tidak kurang dari empat jam, sejumlah saluran selokan utama ( drainase sekunder ..red ) jalanan di inti kota tergenang air.

Tingginya volume curah hujan,  memaksa hampir  seluruh selokan  yang ada meluapkan isinya  dan disusul genangan air kotor memenuhi ruas dan badan  jalan.  Banjir genangan akibat curah hujan yang cukup tinggi ini, walau tidak berlangsung cukup membuat repot warga,

” Paritnya yang salah rancang atau warga yang tidak mau peduli sama kebersihan parit, mungkin karena semua parit di wilayah ini sudah ditutup cor dan pakai keramik. ” keluh warga.

Mengutip keterangan J.Meidianda Pengurus HIMMAH, menyampaikan hal senada dengan keluhan warga, genangan air di jalan-jalan inti kota faktor utamanya adalah buruknya drainase serta padatnya sampah dan lumpur di dalam parit.

“Drainase atau saluran air parit yang buruk serta padatnya sampah dan lumpur limbah rumah tangga menjadi penyebab utama, kami melihatnya langsung di jalan-jalan .’ ucapnya.

Katanya, Pemko Tebingtinggi khususnya dinas terkait harus mengambil langkah serius melakukan penanganan, ini menjadi penilaian buruk masyarakat bagi kota yang memperoleh adipura tiga kali berturut-turut.

“ Walikota dengan perangkat SKDP  berusaha keras memperoleh penghargaan adipura, jangan sampai tercoreng dengan permasalahan genangan air ketika hujan” ucapnya

Tambah J.Meidianda. Pemerintah Kota harus serius melakukan penanganan dan kita berharap kepada masyarakat di sekitar perkotaan lebih peka dan peduli terhadap kebersihan dengan tidak membuang sampah di saluran air. ( Met )

About Author

lintassumut

lintassumut

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

IKlan Layanan Masyarakat

Kata _ Kata Bijak Hari Ini

“Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.” [Bung Karno, Pidato HUT Proklamasi]

Kategori