Please set up your API key!

Lintas Sumatera Utara

Kalau Kartu Kredit Sudah Terlanjur Digesek Dua Kali, Bagaimana?

September 05
23:15 2017

 

 Kartu Kredit ( illustarsi )

Kartu Kredit ( illustarsi )

Jakarta — Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan larangan agar merchant tidak melakukan double swipe atau gesek kartu kredit atau debit di mesin kasir.

Lalu bagaimana jika nasabah atau pemegang kartu sudah terlanjur atau kartunya sudah pernah digesek di mesin cash register?

General Manager Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) Steve Marta memastikan pihak bank akan tetap menjaga data nasabah. Begitu juga bila terjadi kejanggalan.

“Untuk yang sudah terlanjur tidak apa-apa. Bank tetap menjaga apabila terjadi kejanggalan,” kata Steve seperti yang di lansir  detikFinance, Selasa (5/9/2017).

Kemudian Kepala Divisi Bisnis Kartu Kredit BNI, Corina Leyla Karnalies mengatakan saat ini bank sudah ada pengamanan berupa personal identity number (PIN).

“Sebaiknya pemegang kartu juga melakukan ganti PIN segera dan secara berkala, tidak perlu memblokir kartu,” ujar Corina.

Dia menjelaskan, karena dengan wajib PIN untuk semua transaksi kartu kredit dan kartu debit risiko penggandaan data semakin bisa diminimalisir.

Dia menjelaskan, nasabah juga harus mengerti jika double swipe atau gesek sudah dilarang dan jika ada kasir yang akan melakukan double swipe maka harus mengingatkan.

“Ini juga bisa jadi bagian dari edukasi juga ke customer untuk menjaga keamanan kartu kreditnya,” jelas dia.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan karena kartu kredit atau debit digesek di mesin kasir hanya meningkatkan risiko. Jadi tidak perlu tindakan untuk membawa ke customer service atau sampai ganti kartu.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman mengungkapkan bank sentral telah mengeluarkan larangan untuk double swipe. Kemudian nasabah juga harus waspada dan menolak jika kartu digesek dua kali.

“Kartunya sekarang sudah baik, hanya memang datanya rawan disalahgunakan, karena bisa terekam waktu di-swipe,” imbuh dia ( dtc )

( Editor : Rahmadian Putri )

About Author

Lintas Sumut

Lintas Sumut

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

IKlan Layanan Masyarakat

Kata _ Kata Bijak Hari Ini

“Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.” [Bung Karno, Pidato HUT Proklamasi]

Kategori

Arsip