Please set up your API key!

Lintas Sumatera Utara

Ini Bunyi Sumpah Dokter Indonesia

September 10
13:49 2017
 ( Illustrasi )

( Illustrasi )

lintassumut.com — Berkaca dari apa yang dialami bayi Debora, sudah semestinya rasa kemanusiaan dikedepankan ketimbang administrasi.

Dalam Sumpah Dokter Indonesia pun tertuang tentang kepentingan perikemanusiaan, seperi  ini sumpah Dokter Indonesia.

 ” Saya bersumpah bahwa saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan perikemanusiaan. Saya akan menjalankan tugas saya dengan cara yang terhormat dan bersusila sesuai dengan martabat pekerjaan saya. Saya akan memelihara sekuat tenaga martabat, tradisi luhur jabatan kedokteran.

 Saya akan merahasiakan segala sesuatu yang saya ketahui karena pekerjaan saya dan karena keilmuan saya sebagai dokter. Kesehatan penderita senantiasa akan saya utamakan dalam menunaikan kewajiban terhadap penderita.

Saya akan berikhtiar dengan sungguh-sungguh, supaya saya tidak terpengaruh oleh pertimbangan keagamaan, kebangsaan, kesukuan, politik kepartaian atau kedudukan sosial. Saya akan memberikan kepada guru-guru saya penghormatan dan pernyataan terima kasih yang selayaknya.

Teman sejawat akan saya perlakukan sebagai saudara kandung. Saya akan menghormati setiap insani mulai dari saat pembuahan. Sekalipun diancam saya tidak akan mempergunakan pengetahuan kedokteran saya untuk sesuatu yang bertentangan dengan hukum perikemanusiaan.

Saya ikrarkan sumpah ini dengan sungguh-sungguh dan dengan mempertaruhkan kehormatan diri saya. ”

Sumpah Dokter Indonesia adalah  sumpah yang dibacakan oleh seseorang yang akan menjalani profesi  dokter Indonesia secara resmi. Sumpah Dokter Indonesia didasarkan atas  Deklarasi Jenewa ( 1948 ) yang isinya menyempurnakan  Sumpah Hippokrates.

Lafal Sumpah Dokter Indonesia pertama kali digunakan pada   1959  dan diberikan kedudukan  hukum dengan Peraturan Pemerintah No.69 Tahun 1960 Sumpah mengalami perbaikan pada  1983 dan  1993.

( Editor : R.01 )

 

About Author

lintassumut

lintassumut

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

IKlan Layanan Masyarakat

Kata _ Kata Bijak Hari Ini

“Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.” [Bung Karno, Pidato HUT Proklamasi]

Kategori

Arsip