Please set up your API key!

Lintas Sumatera Utara

KPAI Minta Ortu Waspadai Kekerasan di Gambar ‘Unyil Gantung Upin-Ipin’

KPAI Minta Ortu Waspadai Kekerasan di Gambar ‘Unyil Gantung Upin-Ipin’

Agustus 25
17:11 2017

 

Gedung KPAI ( doc : Ist )

Gedung KPAI ( doc : Ist )

JAKARTA – Akhir-akhir ini beredar gambar animasi Unyil menggantung Upin dan Ipin. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta orang tua untuk mewaspadai unsur kekerasan yang sangat lekat dalam gambar tersebut.

“KPAI menerima sejumlah pengaduan terkait dengan ditemukan konten kekerasan yang diduga kuat ada dalam animasi gambar tokoh Upin dan Ipin digantung oleh tokoh animasi Unyil,” ujar Komisioner KPAI Margaret Aliyatul Maimunah dalam keterangannya, Jumat (25/8/2017).

Aduan masyarakat tersebut tengah ditelaah secara mendalam oleh tim KPAI. Namun sembari melakukan pendalaman, KPAI juga memberikan imbauan kepada orang tua.

“Dalam kasus animasi gambar tokoh Upin dan Ipin digantung oleh tokoh animasi Unyil, maka KPAI menyatakan sikap pertama, animasi gambar tersebut telah meresahkan masyarakat karena sangat tidak mendidik untuk anak Indonesia dengan adanya muatan konten kekerasan,” kata Margaret.

Kedua, Margaret menyatakan KPAI mengetahui munculnya gambar tersebut merupakan imbas adanya gambar bendera Indonesia terbalik di buku panduan Sea Games di Malaysia. KPAI meminta protes kepada Malaysia tersebut dilakukan secara santun.

Margaret berujar merebaknya animasi gambar tersebut berkaitan dengan adanya kasus penyelenggaraan Sea Games di Malaysia yang tidak menghargai Indonesia.

“ KPAI minta agar masyarakat dapat menyampaikan protes dengan cara yang santun dan tetap mengedepankan prinsip etika yang baik serta menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan sebagai nilai luhur bangsa Indonesia,” ujar Margaret.

Selanjutnya, Margaret menghimbau agar masyarakat tidak lagi membagikan animasi gambar tersebut, karena mempublikasikan konten-konten bermuatan kekerasan adalah bagian dari pelanggaran.

“Untuk semua kasus yang dilaporkan tersebut, saat ini KPAI sedang melakukan pengkajian kasus. Namun demikian KPAI memandang perlu untuk menghimbau para orangtua agar lebih hati-hati dan meningkatkan kontrol terhadap mainan dan tontonan bagi anak-anaknya,” ujar Margaret.

( Sumber : dtc )

( Editor : R.01 )

About Author

Lintas Sumut

Lintas Sumut

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

IKlan Layanan Masyarakat

Kata _ Kata Bijak Hari Ini

“Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.” [Bung Karno, Pidato HUT Proklamasi]

Kategori

Arsip