Please set up your API key!

Lintas Sumatera Utara

San Suu Kyi Buka Suara Soal Rohingya

September 06
20:40 2017

Pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi ( doc ; Ist )

Pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi ( doc ; Ist )

YANGON — Pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi akhirnya buka suara soal pembataian Rohingya yang baru-baru ini terjadi di Rakhine. Menurutnya, ada informasi keliru yang beredar terkait masalah ini yang mempromosikan kelompok teroris.

Pernyataan ini disampaikan Suu Kyi ketika ditelepon Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Dilaporkan laman BBC, Rabu (6/9/2017), mengutip laporan media lokal, Suu Kyi mengatakan bahwa pemerintahannya mulai mengambil tindakan terkait krisis di Rakhine. “Kami mulai membela semua orang di Rakhine dengan cara terbaik,” ujarnya.

Ia menyatakan bahwa pemerintahannya sangat mengerti arti dari mencabut perlindungan hak asasi manusia dan demokrasi. “Jadi kami memastikan bahwa semua orang di negara kita berhak dilindungi hak-haknya, tidak hanya membela hak politiknya, tapi juga sosial dan kemanusiaan,” kata Suu Kyi.

Suu Kyi pun mengkritik beredarnya informasi palsu, dalam hal ini  foto berita palsu, yang memperlihatkan kondisi krisis di negaranya. Ia menilai beredarnya informasi palsu ini hanyalah puncak gunung es besar yang sengaja diciptakan untuk memantik masalah di antara komunitas yang berbeda. “Dan dengan tujuan mempromosikan kepentingan para teroris,” ucapnya.

Suu Kyi memang tidak menegaskan siapa yang dimaksud dengan kelompok teroris. Tapi diyakini komentarnya tersebut merujuk pada kelompok Tentara Pembebasan Rakhine Arakan (ARSA) yang menyerang pos militer Myanmar pada 25 Agustus.

Suu Kyi telah dihujani kritik dan didesak dunia untuk mengambil sikap terkait pembantaian Rohingya di Rakhine. Desakan keras dilayangkan kepadanya karena dia menyandang titel peraih nobel perdamaian. Sejumlah pihak bahkan menyerukan agar penghargaan nobelnya dicabut. Sebab Suu Kyi seolah bergeming dan membiarkan Rohingya dibantai oleh militer Myanmar.

(Sumber : republika )

( Editor ; R.01 )

About Author

lintassumut

lintassumut

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

IKlan Layanan Masyarakat

Kata _ Kata Bijak Hari Ini

“Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.” [Bung Karno, Pidato HUT Proklamasi]

September 2017
M S S R K J S
« Agu   Okt »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Kategori

Arsip