Please set up your API key!

Lintas Sumatera Utara

Akankah Genosida di Bosnia Terulang di Myanmar ?

September 08
21:51 2017

 

( Iluustrasi )

( Iluustrasi )

Jakarta — Anggota Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI, Prof Dailami Firdaus, khawatir, apabila tidak segera diatasi, genosida seperti yang terjadi pada 8.000 umat Islam Bosnia oleh pasukan Serbia pimpinan Radovan Karadzic di Srebrenica pada 1995 akan terulang kembali di Myanmar.

Situasi terakhir yang menimpa masyarakat Muslim Rohingya di Negara Bagian Rakhine, Myanmar, dinilai sangat memprihatinkan. “Saya meyerukan dunia internasional untuk melakukan tindakan cepat untuk mencegah terjadinya genosida atau pembersihan etnis terhadap komunitas Muslim Rohingya.” ujarnya seperti dilansir Republika.co.id. Kamis.

Dailami mengingatkan dalam laporan 23 Agustus 2017 lalu, Komisi Penasihat tentang Negara Bagian Rakhine pimpinan mantan Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Kofi Annan, menyatakan bahwa komunitas Muslim Rohingya sangat frustrasi.

Berdasarkan data The International Organization for Migration (IOM), setidaknya 18 ribu orang telah mencoba melintasi perbatasan Myanmar-Bangladesh pada pekan ini.

Pasalnya konflik terus terjadi berlarut-larut, ditambah lagi status kewarganegaraan mereka yang telah dicabut oleh pemerintah Myanmar semenjak pemberlakuan UU Warga Negara kontroversial pemerintahan Diktator Jenderal Ne Win tahun 1982. Padahal komunitas Rohingya telah tinggal dan memiliki sejarah di Negara Bagian Rakhine semenjak berabad yang lalu.

“Situasi Rohingya ini akan membahayakan kekuatan pro-demokrasi Myanmar, karena lawan politiknya akan mengeksploitasi isu ini untuk melemahkan partai Aung San Suu Kyii sebagai pemerintahan sipil yang lemah dan tidak tegas,” kata Dailami.

Katanya lagi, atas nama kemanusiaan dan solidaritas ASEAN, saya meminta Pemerintah Indonesia untuk mengambil tindakan kemanusiaan dan keamanan untuk mencegah genosida komunitas Rohingya karena lemahnya pemerintahan sipil Myanmar pada isu ini,” kata senator asal DKI Jakarta ini. ( Editor ; R.01 )

About Author

lintassumut

lintassumut

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

IKlan Layanan Masyarakat

Kata _ Kata Bijak Hari Ini

“Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.” [Bung Karno, Pidato HUT Proklamasi]

Kategori

Arsip