Please set up your API key!

Lintas Sumatera Utara

Pemko T.Tinggi Selenggarakan Seminar Perlindungan Anak

Pemko T.Tinggi Selenggarakan Seminar Perlindungan Anak

Agustus 23
15:03 2017

( illustrasi )

( illustrasi )

TEBINGTINGGI | LINTASSUMUT.com — Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), perdagangan anak, penculikan anak dan tindak kriminal lainnya menjadi ancaman bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Anak sering  menjadi korban dari tindakan sewenang-wenang yang dilakukan orang dewasa, baik itu orang tua atau keluarga terdekatnya

Hal itu disampaikan Ketua Gugus Tugas Kota Layak Anak, Gul Bakhri Siregar saat membuka Seminar Perlindungan Anak dengan thema ‘Pengasuhan Anak dengan Kasih Sayang dan Persahabatan’ yang diselenggarakan Bappeda Kota Tebingtinggi, di Aula Pondok Bagelen, Selasa (22/8/2017).

Anak yang tumbuh dan berkembang secara optimal, mempunyai kecerdasan, berkarakter dan berkualitas tentu menjadi harapan semua orang tua, namun cukup banyak tantangan yang dihadapi.

Kata Bakhri, selain KDRT dan tindak kriminal, pengaruh media massa dengan tayangan-tayangan yang tidak layak untuk dikonsumsi anak-anak juga menjadi ancaman tersendiri bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Menurutnya, peran keluarga merupakan pilar utama yang harus mengenalkan nilai-nilai kepada anak dan pengasuhan memegang peranan penting dalam proses tersebut.

Pengaruh lain seperti ibu bekerja ataupun sekolah terpadu yang menyelenggarakan kegiatan belajar mengajarnya dari pagi hingga sore menjadi faktor yang mempengaruhi porsi pengasuhan langsung yang dilakukan orang tua menjadi berkurang.

“Keluarga dalam hal ini khususnya orang tua, sebagai pelaku dalam proses pengasuhan tidak bisa terlepas dari lingkungan dimana sebuah keluarga berada. Dan menjadi sahabat anak merupakan salah satu bentuk pola pengasuhan (parenting) yang dapat diterapkan orang tua dalam pendidikan keluarga”, jelasnya.

Anak-anak tidak hanya membutuhkan figur orang tua, mereka juga membutuhkan sosok sahabat yang bisa menjadi partner dalam dunianya, sebagai orang terdekat anak, orang tua juga harus bisa berperan memposisikan diri sebagai sahabat bagi anak-anaknya.

Seminar yang diikuti oleh puluhan guru mulai dari tingkat PAUD/TK hingga guru SMA serta lembaga dan organisasi kemasyarakatan peduli perempuan dan anak se Kota Tebingtinggi

Pada acara itu dihadirkan tiga narasumber masing-masing,  Psikolog dari Minauli Consulting Dra Irna Minauli M.Si, Ketua Perhimpunan Konselor VCT HIV Indonesia Rahmat Nur Kurniawan S.Psi serta Ketua Yayasan Pusaka Indonesia Sumatera Utara Elisabet Juniarti SH.

( Met / R.01 )

 

About Author

Lintas Sumut

Lintas Sumut

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

IKlan Layanan Masyarakat

Kata _ Kata Bijak Hari Ini

“Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.” [Bung Karno, Pidato HUT Proklamasi]

Agustus 2017
M S S R K J S
« Jul   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Kategori

Arsip