Please set up your API key!

Lintas Sumatera Utara

Mitos Penyebab Kanker yang Beredar di Masyarakat

Mitos Penyebab Kanker yang Beredar di Masyarakat

Agustus 30
18:01 2017

 

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTABanyaknya mitos yang berkembang mengenai penyakit kanker di masyarakat yang kebenaranya masih diragukan, membuat pemahaman masyarakat mengenai penyakit ini perlu ditingkatkan lagi.

Seperti halnya, konsumsi jenis makanan tertentu dapat menyebabkan sel kanker hingga banyak juga makanan yang dianggap super food yang dapat mencegah kanker.

Dengan adanya berbagai mitos di masyarakat ini dapat dilihat bahwa pengetahuan masyarakat terkait kanker, pencegahan dan perawatannya masih minim.

Kanker telah ada sejak ribuan tahun lalu. Catatan medis di Mesir dan Yunani menemukan tanda-tanda kanker pada kerangka manusia dari 3000 tahun silam.

Meski gaya hidup, diet dan polusi udara berdampak pada risiko terkena kanker, namun tidak sepenuhnya disimpulkan kanker sebagai penyakit modern buatan manusia.

Banyak penyakit kanker datang dari alam. Satu dari enam kanker yang mendunia disebabkan oleh oleh berbagai virus dan bakteri yang beredar.

Penelitian menunjukkan bahwa menjaga berat badan yang ideal, olahraga teratur, mengikuti diet dapat menurunkan risiko terserang kanker hingga 35%. Menghindari alkohol berlebihan serta tidak merokok akan menurunkan risiko lebih besar lagi.

Kemoterapi, radioterapi atau bedah merupakan perawatan serius. Efek sampingnya terasa kuat lantaran pengobatan yang diciptakan untuk mematikan sel kanker juga dapat mengganggu fungsi beberapa sel sehat, misalnya sistem pembentukan darah (lekosit dan akar rambut). (SINDOnews.com)

(Ediror: Rahmadian Putri)

About Author

lintassumut

lintassumut

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

IKlan Layanan Masyarakat

Kata _ Kata Bijak Hari Ini

“Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.” [Bung Karno, Pidato HUT Proklamasi]

Agustus 2017
M S S R K J S
« Jul   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Kategori

Arsip