Please set up your API key!

Lintas Sumatera Utara

Menlu Sri Lanka Ravi Karunanayake Mengundurkan Diri

Menlu Sri Lanka Ravi Karunanayake Mengundurkan Diri

Agustus 11
01:46 2017
Menteri Luar Negeri Sri Lanka Ravi Karunanayake ( doc : Ist )

Menteri Luar Negeri Sri Lanka Ravi Karunanayake ( doc : Ist )

COLOMBO – Menteri Luar Negeri Sri Lanka Ravi Karunanayake pada Kamis mengundurkan diri terkait tuduhan korupsi, yang dikenakan terhadapnya. Kendati begitu ia menyatakan tidak bersalah.

Karunanayake, yang juga mantan menteri keuangan pun memilih mundur setelah kalangan pemerintah dan oposisi menuntut ia dicopot.

Tuduhan itu muncul di tengah penyelidikan menyangkut dugaan penyelewengan dalam penjualan surat obligasi. Badan penyelidik penjualan obligasi menemukan kecurigaan bahwa apartemen yang disewa Karunanayake dibayar oleh seorang pejabat yang sedang diselidiki.

“Saya tidak pernah melakukan kesalahan dan saya mundur dengan kebanggaan sebagai upaya untuk membentuk budaya politik baru di Sri Lanka serta memastikan agar tata pemerintahan berjalan dengan baik,” kata Karunanayake kepada parlemen dalam penryataan setelah ia mengumumkan dirinya mundur dari jabatannya.

Pemerintahan Presiden Maithripala Sirisena bertekad untuk menumpas praktik korupsi yang merajalela dan berdampak pada pemerintahan sebelumnya. Sirisena membentuk komisi presidensial, menyusul tuntutan dari para anggota parlemen oposisi.

Oposisi mengatakan pelelangan surat obligasi yang mengundang perdebatan itu telah merugikan negara lebih dari 1 miliar dolar AS karena ada kenaikan biaya pinjaman dalam dua tahun terakhir. Bank sentral membantah klaim yang dilontarkan oposisi.

Lelang, yang pada awalnya ditujukan untuk menjual obligasi 30 tahun senilai 1 miliar rupee itu, akhirnya berkembang menjadi 10 kali lipat dibandingkan jumlah tersebut, untuk memenuhi keperluan pinjaman pemerintah.

Sirisena mengangkat Karunanayake, sosok kunci yang menbantu penggulingan pemerintahan sebelumnya, sebagai menteri luar negeri pada 22 Mei. Sebelum itu, Karunanayake menjabat menteri keuangan sejak Januari 2015 ( Rep )

( Editor ; R.01 )

 

About Author

lintassumut

lintassumut

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

IKlan Layanan Masyarakat

Kata _ Kata Bijak Hari Ini

“Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.” [Bung Karno, Pidato HUT Proklamasi]

Kategori