Please set up your API key!

Lintas Sumatera Utara

Mengurangi Kebiasaan Ngemil

Mengurangi Kebiasaan Ngemil

Agustus 22
17:14 2017
Kurangi Kebiasaan Ngemil (Doc:Ist)

Kurangi Kebiasaan Ngemil (Doc:Ist)

Jakarta | Kebiasaan makan yang baik bukan hanya soal memakan makanan bergizi, melainkan juga tahu kapan saatnya harus makan. Lantas bagaimana dengan kebiasaan ngemil saat tidak lapar?

Sebetulnya, ngemil memang dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan gizi tubuh dan menambah energi. Tapi semuanya tergantung dari apa yang Anda makan dan takarannya. Ditambah lagi, makan saat tidak lapar atau ngemil itu memiliki dampak buruk.

Menurut David Gal dari University of Illinous-Chicago, makan saat perut tidak lapar menyebabkan lonjakan gula darah yang lebih tinggi ketimbang makan saat lapar, bahkan walaupun jumlah kalori yang dikandung dalam makanan tersebut sama.

Belum lagi, Anda juga berpotensi mengalami lonjakan berat badan karena sering ngemil.

Selain itu, tentu kebiasaan ini juga tidak ramah untuk kantong. Anda akan ketergantungan dengan camilan, dan secara tidak langsung Anda pun harus menyisihkan uang untuk membeli makanan kecil tersebut.Bila Anda mau meninggalkan kebiasaan buruk ini, belum terlambat.

Lima hal ini bisa Anda lakukan untuk menghindari kebiasaan ngemil saat tidak lapar:

Segera ganti kebiasaan ngemil Anda dengan kebiasaan positif lain. Cari distraksi lain, seperti mengobrol dengan rekan kerja saat waktu santai atau jalan-jalan di lingkungan sekitar kantor saat istirahat.

Cara ini merupakan cara yang sulit, tapi Anda harus ingat bahwa tidak ada hasil yang baik tanpa pengorbanan. Buah-buahan rasanya memang tidak segurih gorengan, tapi kaya akan vitamin. Bila mau praktis, makan saja apel atau pir.

Buah-buahan juga kaya akan nutrisi. Makan buah usai makan juga bisa menambah kebutuhan serat tubuh.

Tubuh membutuhkan air untuk mengganti cairan tubuh yang berkurang usai beraktivitas. Oleh karena itu, semua orang harus minum 1,5 sampai dua liter air mineral setiap harinya..

Menyantap menu sarapan atau makan siang dengan nutrisi yang cukup akan membuat Anda merasa kenyang. Kebutuhan kalori per hari juga bisa dicukupi dengan baik.

Daripada ngemil, lebih baik makan malam saja dengan menu bergizi dan pergi tidur. Proses pencernaan di malam hari cenderung melambat, oleh karena itu ngemil pada malam hari bisa membuat Anda mengalami lonjakan berat badan.

Nah mulai dari sekarang, mari ubah pola hidup jadi lebih sehat. Badan sehat, kerja pun makin semangat! (Lip6)

(Editor : Rahmadian Putri)

 

About Author

lintassumut

lintassumut

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

IKlan Layanan Masyarakat

Kata _ Kata Bijak Hari Ini

“Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.” [Bung Karno, Pidato HUT Proklamasi]

Agustus 2017
M S S R K J S
« Jul   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Kategori

Arsip