Lintas Sumatera Utara

 Breaking News
  • No posts were found
6.000 Warga Rohingya Terdampar di Perbatasan Banglades
Agustus 31
05:22 2017
Ribuan warga muslim Rohingya terdampar di perbataan Banglades pasca bentrokan yang kembali merebak di antara tentara Myanmar  dan militan Rohingya.( doc ; Ist )

Ribuan warga muslim Rohingya terdampar di perbataan Banglades pasca bentrokan yang kembali merebak di antara tentara Myanmar dan militan Rohingya.( doc ; Ist )

MAUNGDAW  – Ribuan warga muslim Rohingya terdampar di perbataan Banglades pasca bentrokan yang kembali merebak di antara tentara Myanmar  dan militan Rohingya.

Perserikatan Bangsa-Bangsa pun mendesak agar Banglades tak berkeras hati menghalau pengungsi, sebagaimana dilaporkan Deutsche Welle, Rabu ( 30/8/2017).

Mohammad Ismail, warga Rohingya, bernaung di bawah tenda plastik saat hujan deras turun di perbatasan Banglades. Ia membawa serta keluarga, termasuk anak lelakinya yang barulahir.

“Petugas perbatasan mengizinkan kami berlindung di tempat ini, tapi sekarang saya tidak tahu lagi apa yang harus saya lakukan kepada putra saya,” ungkapnya kepada kantor berita Perancis, AFP, sambil menunjuk putra kecilnya yang menggigil kedinginan.

Meski dilarang, penjaga perbatasan terkadang memperbolehkan warga Rohingya memasuki daerah Banglades di dekat perbatasan dan mendirikan tenda darurat untuk mereka.

“Kami sebenarnya diperintahkan untuk mencegah warga Rohingya memasuki Banglades,Tapi bagaimana saya bisa tega menolak untuk melindungi bayi yang baru lahir ini yang sekarat karena kedinginan?” ujar salah satu penjaga yang tidak ingin disebut namanya.

Selain Ismail, ada pula seorang anak perempuan berusia 11 tahun bernama Marium yang terpisah dari orangtuanya.

“Saya sedang di kamar mandi, saat petugas perbatasan mengusir orang tua saya. Dimana saya harus menemukan mereka sekarang?” ungkap Marium kepada APF sambil berurai air mata.

Tak hanya Ismail dan Marium, 6.000 warga Rohingya diperkirakan melarikan diri dari ancaman kekerasan di Myanmar dan terdampar di dekat Bangldes, demikian pernyataan resmi pejabat senior Banglades.

Sementara petugas memperkirakan, jumlah warga Rohignya yang berusaha memasuki perbatasan Banglades bisa bertambah hingga 10.000 orang, kemungkinan mereka masih bersembunyi di perbukitan dan hutan. ( kmps )

( Editor : R/01 )

About Author

lintassumut

lintassumut

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Baris

Disewakan  rumah tipe 36 di jalan Bukit Tempurung – Tebingtinggi hanya 500rb/bln Hub. 081260374488

Kata- Kata Bijak / Pepatah Hari Ini

Jika Anda berencana untuk satu tahun, tanamlah padi. Jika Anda berencana selama sepuluh tahun, tanamlah pohon. Jika Anda berencana selama 100 tahun, didiklah manusia.
( Pepatah Cina )

Suara Pembaca

Redaksi menerima informasi warga seputar fasilitas umum berupa kritik dan saran yang bersifat membangun.

Kirimkan pesan singkat anda atau  melalui WA : 081375313003 , ( Tim Redaksi )

Kategori

Jepretan Warga

Piala Kaden Brimob T.Tinggi - 2017